6 April 2017

Sejarah

PENGADILAN NEGERI TANJUNG PATI

Pengadilan Negeri Tanjung Pati adalah salah satu Pengadilan Negeri berstatus kelas II yang berada di bawah lingkungan Pengadilan Tinggi Sumatera Barat. Wilayah hukumnya meliputi wilayah administrasi Pemerintah Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota, namun tidak seluruhnya masuk ke dalam wilayah hukum Pengadilan Negeri Tanjung Pati, sebahagian termasuk kedalam wilayah hukum Pengadilan Negeri Payakumbuh, yang masuk kedalam wilayah hukum Pengadilan Tanjung Pati adalah 8 (delapan) kecamatan dengan jumlah nagari 46 (empat puluh enam) nagari :

  1. Kecamatan Harau, terdiri dari 11 (sebelas) nagari yaitu : Tarantang, Sarilamak, Solok Bio-bio, Harau, Gurun, Lubuak Batingkok, Koto Tuo, Batu Balang, Bukik Limbuku, Taram dan Pilubang.
  2. Kecamatan Pangkalan Koto Baru, terdiri dari 6 (enam) nagari yaitu : Koto Alam, Manggilang, Gunung Malintang, Tanjung Balik, Pangkalan, Tanjung Pauah.
  3. Kecamatan Kapur IX, terdiri dari 7 (tujuh) nagari yaitu : Koto Lamo Koto Tuo, Lubuak Alai, Muaro Paiti, Koto Bangun, Durian Tinggi, Sialang, Galugua.
  4. Kecamatan Guguak, terdiri dari 5 (lima) nagari yaitu : Sunagai Talang, Guguak VIII Koto, Kubang, VII Koto Talago, Simpang Sugiran.
  5. Kecamatan Mungka, terdiri dari 4 (empat) nagari yaitu : Mungka, Jopang Manganti, Talang Maua, Simpang Kapuak.
  6. Kecamatan Suliki : terdiri dari 5 (lima) nagari yaitu : Suliki, Kurai, Sungai Rimbang, Limbanang, Tanjung Bungo.
  7. Kecamatan Bukit Barisan, terdiri dari 5 (lima) nagari yaitu : Baruah Gunung, Sungai Naniang, Koto Tangah, Banja Laweh, Mahek.
  8. Kecamatan Gunung Omeh, terdiri dari 3 (tiga) nagari yaitu : Koto Tinggi, Talang Anau, Pandam Gadang.

VISI:

Sebagai lembaga peradilan umum yang sesuai dengan Visi Mahkamah Agung RI yaitu Mewujudkan Supremasi hukum melalui Kekuasaan Kehakiman yang mandiri, efektif, efisien serta mendapat kepercayaan publik, professional dalam memberi pelayanan hukum yang berkualitas, etis dan biaya ringan sehingga terjangkau bagi masyarakat serta mampu menjawab panggilan pelayanan publik, maka Visi Pengadilan Negeri Tanjung Pati yaitu “Mewujudkan Pengadilan Negeri Tanjung Pati selaku pelaksana kekuasaan Kehakiman yang mandiri, bermartabat, bersih, berwibawa dan dapat dipercaya serta mampu memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat pencari keadilan secara efektif, efisien, sederhana, cepat tepat dan biaya ringan”.

MISI:

  1. Mewujudkan rasa keadilan sesuai dengan undang-undang dan peraturan serta keadilan masyarakat.
  2. Mewujudkan peradilan yang mandiri dan independen, bebas dari campur tangan pihak lain dan transparan.
  3. Meningkatkan akses pelayanan hukum dibidang peradilan secara prima kepada masyarakat pencari keadilan.
  4. Memperbaiki kualitas input internal pada proses peradilan.
  5. Mewujudkan institusi peradilan yang efektif, efisien, bermartabat, berwibawa dan dihormati.
  6. Meningkatkan profesionalisme kinerja aparat Pengadilan.

Sejarah Pengadilan Negeri Tanjung Pati ini disahkan sebagai Pengadilan Negeri Klas IIB dan diresmikan pada tanggal 3 April 1982 oleh Ketua Mahkamah Agung RI, Bpk Mujono, SH dan Sekretaris Jendral Departemen Kehakiman Bpk Nasrul Syahrun, SH mewakili Menteri Kehakiman RI.

Setelah Pengadilan Negeri Tanjung Pati diresmikan, karena gedungnya belum ada, maka operasional persidangan pada awalnya dilaksanakan menumpang di gedung Kantor Camat Kecamatam Harau, sedangkan proses administrasi dilaksanakan di rumah dinas Ketua Pengadilan Tanjung Pati kemudian sekitar bulan September 1983, karena gedung Kantor Camat Harau juga akan direnovasi, maka sebagai tempat operasional persidangan dilaksanakan di Kantor Ranting Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Harau sampai dengan diresmikannya gedung Kantor Pengadilan Negeri Tanjung Pati yang sekarang.

Adapun Ketua-ketua Pengadilan Negeri sejak tahun 1982 sampai dengan sekarang adalah sebagai berikut :

  1. ROSYDA M. ZEIN, SH mulai dari tahun 1982 s/d tahun 1987.
  2. ELIZAR HAMZAH, SH mulai dari tahun 1987 s/d 1993.
  3. MUCHTAR DUAMIN, SH mulai dari tahun 1993 s/d tahun 1998.
  4. DAHNIAR HASAN, SH mulai dari tahun 1998 s/d tahun 2000.
  5. MAWARDI BAIDOWI, SH (WKPN) mulai dari tahun 2000 s/d tahun 2003.
  6. MIRDIN ALAMSYAH, SH mulai dari tahun 2003 s/d 2004.
  7. PETRIYANTI, SH mulai dari tahun 2004 s/d tahun 2007.
  8. NELSON J. MARBUN, SH.M.Hum mulai dari tahun 2007 s/d tahun 2008.
  9. WIWIK SUHARTONO, SH (WKPN) mulai dari tahun 2008 s/d tahun 2008.
  10. MUSA ARIEF AINI,SH.M.Mum mulai dari tahun 2008 s/d 2009.
  11. SERLIWATY, SH. MH mulai dari tahun 2009 s/d 2013.
  12. ESTIONO, SH.MH mulai dari tahun 2013 s/d 2015
  13. AFRIZAL HADY, SH. MH mulai dari tahun 2015 s/d sekarang